Surau TV

Banner

MTQ ke-48 Inhil di Kecamatan GAS Resmi Dimulai

Image
Monday, 15 October 2018 | 07:52:49 WIB


TEMBILAHAN - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-48 Tingkat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), yang digelar di Kelurahan Teluk Pinang, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) resmi dimulai, Sabtu (13/10/2018) malam.

Dimulainya perhelatan religius tahunan tersebut, ditandai dengan pemukulan bedug oleh Bupati Inhil, HM Wardan dengan didampingi Unsur Forkopimda.

MTQ ke-48 tahun 2018 yang mengusung tema 'Tingkatkan Semangat Menyatukan Langkah Membangun Generasi Qur'ani, Untuk Mewujudkan Inhil Yang Maju, Bermarwah dan Bermartabat' ini, diikuti oleh 554 kafilah dari seluruh Kecamatan se-Kabupaten Inhil.

Para kafilah tersebut akan mengikuti 5 cabang perlombaan, yakni Tilawatil Qur'an, Hifzil Qur'an, Fahmil Al-Qur'an, Syarhil Al-Qur'an dan Musabaqah Menulis Kandungan Al-Qur'an (M2KQ).

Dalam sambutannya, Bupati menjelaskan, tujuan penyelenggaraan MTQ adalah untuk meningkatkan Syi'ar Islam, menumbuhkembangkan kecintaan terhadap Al-Qur'an dan memantapkan pengamalannya dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Penyelenggaraan MTQ juga dapat menjadi sarana meningkatkan ekonomi kerakyatan, memperkuat demokrasi dalam suasana dinamis dan agamis," ujarnya.

Bupati mengimbau masyarakat untuk memantapkan niat agar penyelenggaraan MTQ dapat dijadikan sebagai ibadah. Sebab, MTQ senantiasa diarahkan untuk mencintai Islam.

"MTQ jangan hanya disikapi sebagai sebuah rutinitas seremonial semata, tetapi sebagai sebuah iven yang mewarnai pelaksanaan pembangunan dalam kehidupan dengan suasana Islami," tambahnya.

Disamping itu, Bupati mengajak seluruh pihak terkait untuk bersama melakukan evaluasi pasca penyelenggaraan MTQ. Dalam proses evaluasi akan diperoleh kekurangan yang menjadi kelemahan penyelenggaraan MTQ dari tahun ke tahun.

Bupati juga mengharapkan para kafilah dapat mengikuti MTQ dengan sebaiknya sehingga di akhir akan dapat lahir qori dan qoriah, hafidz dan hafidzah serta mufasir dan mufasirah.

"Kita kembalikan kejayaan Inhil sebagai lumbung qori dan qoriah sebagaimana predikat itu dulu pernah kita dapatkan," tukasnya.

Sebelum pembukaan secara resmi oleh Bupati, dilaksanakan defile kafilah dan pengibaran bendera LPTQ dengan diiringi Hymne LPTQ.

Selain itu, dilakukan pula penyerahan piala bergilir dari pihak Kecamatan Reteh kepada Bupati Inhil, HM Wardan untuk kemudian diserahkan kepada Panitia Pelaksana MTQ ke-48 Tahun 2018.

Seusai pembukaan, Bupati Inhil, HM Wardan beserta para tamu undangan lainnya dihibur dengan penampilan apik teatrikal dari sanggar lokal dan berbagai atraksi seni lainnya. 

Sumber : rls

Laporan : -

Editor : Red

loading...